Sabtu, 31 Agustus 2019

Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi

Ontologi
  • Ontologi dalam filsafat ilmu merupakan studi atau pengkajian mengenai sifat dasar ilmu yang memiliki arti, struktur, dan prinsip ilmu. Ontologi filsafat sebagai cabang filsafat adalah ilmu apa, dari jenis dan struktur dari objek, properti, peristiwa, proses, serta hubungan dalam setiap bidang realitas. Ontologi sering digunakan oleh para filsuf sebagai sinonim dari istilah yang digunakan oleh Aristoteles untuk merujuk pada apa yang Aristoteles sendiri sebut ‘filsafat pertama’. Kadang-kadang ‘ontologi’ digunakan dalam arti yang lebih luas untuk merujuk pada studi tentang apa yang mungkin ada; metafisika kemudian digunakan untuk penelitian dari berbagai alternatif yang mungkin ontologi sebenarnya sejati dari realitas (Ingarden 1964). Istilah ‘ontologi’ (atau ontologia) diciptakan pada tahun 1613 secara mandiri oleh dua filsuf, Rudolf Gockel (Goclenius) di Philosophicumnya Lexicon dan Jacob Lorhard (Lorhardus) di Theatrumnyaphilosophicum. Kejadian pertama dalam bahasa Inggris sebagaimana dicatat oleh OED muncul diKamus Bailey dari tahun 1721 yang mendefinisikan ontologi sebagai penjelasan di dalam Abstrak. (Suaedi. 2016. Pengantar Filsafat Ilmu. Bogor: IPB Press.)
Epistimologi
  • Epistemologi atau teori pengetahuan cabang filsafat yang berurusan dengan hakikat dan lingkup pengetahuan, pengandaian-pengandaian, dan dasardasarnya, serta pertanggungjawaban atas pertanyaan mengenai pengetahuan yang dimiliki. Epistemologis membahas tentang terjadinya dan kesahihan atau kebenaran ilmu. Ilmu-ilmu yang dimiliki oleh manusia berhubungan satu sama lain dan tolok ukur keterkaitan ini memiliki derajat yang berbeda-beda. Sebagian ilmu merupakan asas dan fondasi bagi ilmu-ilmu lain, yakni nilai dan validitas ilmu-ilmu lain bergantung pada ilmu tertentu dan dari sisi ini, ilmu tertentu ini dikategorikan sebagai ilmu dan pengetahuan dasar. (Suaedi. 2016. Pengantar Filsafat Ilmu. Bogor: IPB Press.)
Aksiologi
  • Bedasarkan bahasa Yunani, aksiologi berasal dari kata ‘axios’ dalam bahasa Yunani artinya nilai dan logos yang artinya ilmu. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa aksiologi adalah ‘ilmu tentang nilai’.
  • Aksiologi lebih difokuskan kepada nilai kegunaan ilmu. Ilmu dipandang akan berpautan dengan moral. Nilai sebuah ilmu akan diwarnai sejauh mana ilmuwan mempunyai tanggung jawab sosial terhadap ilmu yang dimiliki, apakah akan dipergunakan untuk suatu kebaikan atau akan digunakannya sebagai sebuah kejahatan. Oleh karena itu, ilmu akan mengalami kemajuan apabila ilmuwan mempunyai peradaban. (Jujun. 2009. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.)



0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive